Pages

Senin, 26 Maret 2012

PEMBUATAN BOKASI DI DESA MENDIRO KEC. NGOMBOL KAB. PURWOREJO


Sosialisasi KKN priode II mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo di Rumah Kompos Kelompok Tani Ternak Desa Mendiro Kec. Ngombol Kab. Purworejo dengan agenda praktik pembuatan bokasi dan dengan dihadiri narasumber ketua LPPM universitas muhammadiyah purworejo Ir. H. Dididk Widiyantono (tengah) beserta Mamad mahasiswa fakultas pertanian semester empat (kanan).
Dengan diadakanya praktik pembuatan bokasi diharapkan Kelompok Tani Ternak dapat memanfaatkan limbah kotoran hewan dengan lebih maksimal dan selain kotoran hewanya dapat diaplikasikan kelahan petani dengan peningkatan unsur hara dengan dibuatnya bokasi, selanjutnya petani juga dapat mengolah bokasi tersebut menjadi pupuk organik granul yang mempunyai nilai jual yang lebih tinggi yang diharapkan dari kegiatan tersebut lebih meningkatkan pendapatan Kelompok Tani Ternak. MEMBUAT KOMPOS KANDUNGAN N,P,K
BAHAN :
1. Kotoran hewan 20%
2. Dedaunan hijau 20%
3. Sabut kelapa 20%
4. Bonggol pisang 20%
5. Dedak 5%
6. Jerami 5%
7. Abu sekam 6%
8. Dolmit/kapur 3%
9. Em 4 1%
CARA MEMBUAT
1. Lapisan 1 kotoran hewan
2. Lapisan 2 dedaunan hijau
3. Lapisan 3 jrami
4. Lapisan 3 bonggol pisang
5. Lapisan 4 sabut kelapa
6. Lapisan 5 abu sekam
7. Lapisan 6 dolmit/kapur
Semua bahan di kasih larutan em 4 hingga tingkat kebasahan 30% bil dikepal akan mengurai lagi Setelah 4 hari aduk dilakukan selama pengomposan masih melakukan fermentasi ,bila terlalu kering siram lagi dengan em 4, fermentasi selama 1 bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites