Pages

Sabtu, 22 Oktober 2011

pembuatan kompos N,P,K organik


Pupuk Pada Umumnya
Secara sederhana pupuk dapat dikatakan sebagai bahan-bahan yang diberikan pada tanah agar dapat menambah unsur-unsur atau zat-zat makanan yang diperlukan tanah baik secara langsung atau tidak langsung. Dengan demikian, pemupukan pada umumnya bertujuan untuk memelihara atau memperbaiki kesuburan tanah, dimana secara langsung atau tidak akan dapat juga menyumbangkan bahan makanan kepada tanaman yang tumbuh di tanah tersebut.
Dalam memupuk kita harus memperhatikan zat-zat apa saja yang perlu ditambahkan pada tanah agar dapat mencapai hasil tanaman yang maksimal. Juga berapa banyak dan bagaimana perbandingan zat-zat yang harus diberikan itu dan perlu juga dperhatikan pengaruh tak langsung penambahan zat-zat itu. Pengaruh apa saja yang ditimbulkannya terhadap bagian-bagian dan sifat-sifat tanah serta tanam-tanaman.
Selain itu perlu diingat pula bahwa pemupukan adalah tindakan yang mempengaruhi hubungan tanah dengan tumbuh-tumbuhan. Tanah dan tumbuh-tumbuhan adalah dwi tunggal yang tak bisa dipisahkan. Sebagai halnya dengan tumbuhan maka tanahnya juga harus kita pandang sebagai perantara yang hidup. Bukan sebagai suatu medium atau bahan perantara yang pasif karena pada hakekatnya yang langsung kita pupuk bukan tanamannya melainkan tanahnya.

MEMBUAT KOMPOS KANDUNGAN NPK
BAHAN
Kotoran hewan 20%
Dedaunan hijau 20%
Sabut kelapa 20%
Bonggol pisang 20%
Dedak 5%
Jerami 5%
Abu sekam 6%
Dolmit/kapur 3%
Em 4 1%
CARA MEMBUAT
Lapisan 1 kotoran hewan
Lapisan 2 dedaunan hijau
Lapisan 3 jrami
Lapisan 3 bonggol pisang
Lapisan 4 sabut kelapa
Lapisan 5 abu sekam
Lapisan 6 dolmit/kapur
Semua bahan di kasih larutan em 4 hingga tingkat kebasahan 30% bil dikepal akan mengurai lagi Setelah 10 hari aduk,bila terlalu kering siram lagi dengan em 4, fermentasi selama 1 bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites